Launching Ke-2 Budidaya Ikan Lele Demi Wujudkan Ketahanan Pangan Di Dusun Way Laga Soker Desa Tanjung Baru

  • Whatsapp

 30 total views

TARGETNEWSLAMPUNG.COM.(Lampung Selatan).,___Sebagai wujud kepedulian Pemerintah untuk penambahan hasil usaha masyarakat, salah satunya pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele yang dilaksanakan di Dusun Way Laga Soker Desa Tanjung Baru Kecamatan Merbau Mataram. Budidaya ikan lele merupakan kegiatan pemeliharaan pembesaran ikan lele dari yang berukuran kecil (benih) sampai ukuran konsumsi.

Tujuan dibentuknya kelompok budidaya ikan lele ini adalah untuk memberdayakan ketahanan pangan tingkat keluarga. Harapannya budidaya ini bisa dikembangkan lagi dengan menambah kolam dan bibit ikan lagi, serta menambah jenis ikan yang dibudidayakan seperti ikan nila dan ikan gurame.

Penebaran benih sebanyak 20.000 ekor ikan lele dihadiri langsung oleh Kepala Desa Tanjung Baru (Helmi Yusuf), tokoh masyarakat, para kader PKK, dan warga sekitar, serta disaksikan langsung oleh pendamping Kecamatan yang juga turut menebarkan benih ke kolam pada Senin, 19 September 2022.

Menurut Helmi Yusuf selaku Kepala Desa Tanjung Baru, program budidaya ikan lele ini dapat membantu ketersediaan pangan rumah tangga bagi warga yang selama ini kesulitan memenuhi kebutuhan pangannya.

“Kami berharap melalui program budidaya ikan lele ini, warga dapat mengembangbiakkan ikan lele sebagai salah satu penyangga kebutuhan pangan rumah tangga secara berkelanjutan. Diharapkan dengan adanya program ketahanan pangan di Dusun Way Laga Soker Desa Tanjung Baru ini dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Desa”, tuturnya. (19/9/2022)

“Adapun program ini masih termasuk dalam kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa dan semoga kegiatan ini bisa menjadi magnet penyebaran kepada masyarakat yang lainnya melalui sosialisasi serta meningkatkan konsumsi ikan untuk meningkatkan gizi dan membantu menurunkan angka stunting khususnya di Desa Tanjung Baru”, tambah Helmi.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat Dusun Way Laga Soker, yakni Hermanto mengatakan, upaya meningkatkan perekonomian warga ini cukup berbekal dengan niat dan modal seadanya dengan tujuan membantu kebutuhan pangan warga.

“Budidaya ikan lele ini merupakan salah satu program pembinaan yang dapat berkembang lebih produktif dan berkualitas sesuai dengan harapan berkat kerjasama dan kegigihan warga. Harapannya adalah budidaya ini bisa lebih berkembang dan bisa memberikan keuntungan untuk mayarakat setempat”, ungkapnya.(Irwan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.